Efektivitas Bermain Air dalam Mengembangkan Kecakapan Problem Solving Anak Prasekolah

Authors

  • Edy Mustofa STIT Al-Marhalah Al-Ulya Bekasi
  • Kasmiati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.71049/g52kmh13

Keywords:

Anak Prasekolah , Bermain Air, Kemampuan Kognitif, Problem Solving, Pembelajaran Eksploratif

Abstract

Kecakapan problem solving merupakan fondasi penting dalam perkembangan kognitif Anak Prasekolah. Praktik Pendidikan anak prasekolah , kegiatan yang benar-benar menstimulasi keterampilan ini masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas kegiatan bermain air sebagai pendekatan eksploratif dalam mengembangkan Kecakapan problem solving anak di kelompok B2 PAUD Melati 2 Kota Jambi. Metode penelitian Action Research in Education (ARE) mencakup Bagian an perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan, catatan lapangan, serta tes problem solving  berbasis aktivitas eksplorasi air. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak untuk mengenali, menganalisis, dan merespons situasi problematik secara mandiri. Skor rata-rata anak Berkembang dari  55% pada Fase   1 mengalami peningkatan  82% pada Fase   2. Temuan ini memperlihatkan bahwa kegiatan bermain air tidak hanya mampu memfasilitasi aspek kognitif anak, tetapi juga mendorong partisipasi aktif, rasa ingin tahu, dan kemampuan mengambil keputusan sederhana.

References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian (6th ed.). PT Rineka Cipta.

Carner, K. (2014). Brain Power: Permainan Kreatif Berbasis Topik. Erlangga.

Habibah, L., & Wahyono, I. (2021). Metode Bermain Air Outdoor Dalam Mengoptimalkan Fisik Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Darul Amin Sempu. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 078-088. Retrieved from https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/560

Kusumah, S. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks Permata Puri Media.

Mastur, M. (2015). Ragam Permainan Kreatif PAUD dan TK. Diva Press.

Masyah, M., Sumarsih, S., & D., D. (2018). Meningkatkan Kecakapan Problem Solving Melalui Bermain Tebak Gambar Pada Anak Kelompok A1 Di Paud Kemala Bhayangkari Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101–106. https://doi.org/10.33369/jip.2.2.101-106

Mills, G. E. (2000). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher (3rd ed.). Prentice Hall International Limited.

Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kecakapan problem solving Anak Usia 4-5 Tahun. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230

Prima, A. (2014). Aneka Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak. Diva Press.

Purwanto, N. (2009). Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Saputri, M. R., Habibi, M. M., & Rachmayani, I. (2022). Pengembangan Kemampuan Sains Sederhana Melalui Media Air di Kelompok B PAUD Terpadu PKK Rarang Batas Lombok Timur Tahun Ajaran 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2071–2076. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.911

Sari, M. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 373–382.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sudono, A. (2014). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan anak prasekolah . Grasindo.

Suminah, E. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan anak prasekolah . Dirjen PAUD.

Udin, S. (2018). Sebuah Catatan Petualangan di Sekolah. Bitread Publishing.

.

Downloads

Published

26-08-2025

How to Cite

Efektivitas Bermain Air dalam Mengembangkan Kecakapan Problem Solving Anak Prasekolah. (2025). Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(3), 148-163. https://doi.org/10.71049/g52kmh13

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.