Fokus dan Cakupan
INOBEL: Jurnal Inovasi Pembelajaran
Fokus
INOBEL: Jurnal Inovasi Pembelajaran fokus pada penerbitan hasil penelitian, kajian, dan inovasi dalam bidang pembelajaran, baik di tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Fokus utama dari jurnal ini adalah untuk mengembangkan, mengeksplorasi, dan menyebarluaskan berbagai inovasi pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran, pendekatan/strategi/metode pembelajaran, materi pembelajaran, media dan teknologi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Cakupan
Berikut adalah cakupan yang lebih spesifik untuk Jurnal INOBEL: Jurnal Inovasi Pembelajaran, yang mencakup berbagai aspek dalam pengembangan dan penerapan inovasi pembelajaran:
Cakupan Jurnal INOBEL: Jurnal Inovasi Pembelajaran
-
Perencanaan Pembelajaran:
- Pengembangan kurikulum dan silabus yang inovatif.
- Desain rencana pembelajaran (RPP) berbasis teknologi dan metode pembelajaran terkini.
- Pendekatan dalam merancang pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
- Strategi integrasi pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter.
-
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran:
- Inovasi dalam pendekatan pembelajaran (misalnya, pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis teknologi).
- Pemanfaatan metode aktif seperti flipped classroom, gamifikasi, Cooperative Learning, dan pembelajaran berbasis tim.
- Pendekatan diferensiasi untuk mengakomodasi keberagaman siswa dan gaya belajar.
- Inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang mendukung perkembangan keterampilan abad ke-21 (kolaborasi, kreativitas, komunikasi, dan berpikir kritis).
-
Materi Pembelajaran:
- Pengembangan materi ajar berbasis konten yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern.
- Inovasi dalam penyusunan materi pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual dan konstruktivis.
- Integrasi materi pembelajaran dengan isu-isu global atau konten berbasis keberlanjutan dan kewirausahaan.
-
Media dan Teknologi Pembelajaran:
- Pemanfaatan teknologi digital, aplikasi pembelajaran, dan platform e-learning dalam proses pembelajaran.
- Inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, seperti video, animasi, virtual reality (VR), dan augmented reality (AR).
- Desain dan pengembangan alat bantu media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa.
- Penggunaan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh atau blended learning.
-
Evaluasi Pembelajaran:
- Inovasi dalam sistem penilaian dan evaluasi yang berbasis autentik dan holistik, termasuk portofolio, penilaian berbasis proyek, dan penilaian berbasis kinerja.
- Pengembangan metode evaluasi yang dapat mengukur perkembangan keterampilan non-akademik siswa, seperti keterampilan sosial dan emosional.
- Penelitian tentang penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran (misalnya, sistem penilaian berbasis komputer, penggunaan aplikasi untuk feedback cepat, dan analisis data pembelajaran).
- Analisis dan pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
Dengan cakupan ini, Jurnal INOBEL bertujuan untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkenalkan dan mengembangkan berbagai inovasi di semua aspek pembelajaran, sehingga mendukung peningkatan kualitas pendidikan di berbagai tingkat pendidikan.